Naniura, Sashimi dari 'Negeri' Batak

Makanan ini konon kabarnya merupakan makanan pembesar Negeri Batak , di beberapa daerah khususnya seperti di Toba, Humbang hasundutan dan Silindung yang tak jauh dari Danau Toba nama makanan ini cukup dikenal.

Yang membuat unik, makanan yang didalamnya merupakan Ikan Mas atau sejenisnya tidak dimasak layaknya proses memasak makanan lain. Masaknya makanan tersebut disebabkan oleh rempah rempah dan bumbu-bumbu yang meresap kedalam daging ikan.

Tak heran bagi kalangan yang suka memakan makanan luar negeri, kita akan sedikit mengira makanan ini proses penghidangannya semacam Sashimi.

Yang jelas Naniura, salah satu makanan paling di incar banyak pelancong yang singgah ke Danau Toba.

Masakan Khas Batak (Naniura)

Hidangan ini merupakan makanan khas suku Batak yang sudah sulit ditemukan di warung makan khas batak. Berbeda dengan Arsikmakanan khas Batak lainnya yang direbus atau dikukus, menu yang juga mengunakan ikan mas sebagai menu utama, tetapi sebelum diputuskan oleh tetua adat menggunakan ikan mas dahulu naniura ini menggunakan ikan khas batak yaitu IKAN BATAK yang sekarang sudah jarang di temukan di danau toba.

Arti dalam bahasa batak, naniura adalah ikan yang tidak di masak. Namun rendaman asam jungga(asam khas pulau batak) yang secara kimiawi kemudian mengubah ikan mentah menjadi tidak terasa amis dan siap disajikan. Ingin mencoba?

Bahan-Bahan :

0,5 kilogram ikan mas yang sudah dibelah menjadi dua bagian dan bagian dalam sudah dibersikan
3 biji asam jungga

seperempat ons andaliman (sejenis rempah rempah khas batak atau orang lebih kenal dengan nama merica batak untuk info lebih detail lihat dibawah artikel)
1 ons kemiri

5 cm lengkuas

5 cm kunyit

2 ikat rias

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

setengah ons cabe merah

Cara memasak :

1. Ikan mas dibersihkan dari sisik, kemudian ikan dibelah dua dari punggung ikan. Duri ikan dikeluarkan semuanya. Sesudah bersih, ikan digarami dan diasami. Dibiarkan selama 5 jam.

2. Kemiri di gongseng, dibiarkan dulu. Jahe, kunyit, bawang merah dan putih di goreng. Kemudian rias dikukus, sedangkan cabe digiling. Seluruh bumbu kemudian diulek (tumbuk).

3. Bumbu dimasukkan atau diolesi ke permukaan ikan. Biarkan satu jam lagi.

4. Siap dihidangkan

catatan : untuk mendapatkan hasil yang baik, memasak dimulai pagi hari, dan sore dihidangkan.

Berikut saya tambahkan beberapa perincian tentang buah andaliman cekidot......:
Andaliman adalah bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah beberapa jenis tumbuhan anggota marga Zanthoxylum (suku jeruk-jerukan, Rutaceae). Bumbu ini di Indonesia hanya dikenal untuk masakan Batak, sehingga dikenal orang luar daerah ini sebagai "merica batak". Masakan arsik dan saksang memerlukan andaliman sebagai bumbu yang tak tergantikan. Andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut namun "menggigit" sehingga menimbulkan sensasi kelu atau mati rasa (baal) di lidah, meskipun tidak sepedas cabai atau lada.
Dalam masakan Asia Timur dan Asia Selatan penggunaan andaliman cukup meluas. Dalam bahasa Mandarin ia dikenal sebagai huājiāo(harafiah: "lada bunga"). Orang Jepang mengenalnya sebagai sanshō sedangkan di Korea ia dikenal sebagai sanchonamu. Orang Tibet, Nepal, Bhutan, dan India juga mengenal bumbu ini. Dalam bahasa Inggris nama yang paling populer adalah Sichuan pepper, dengan variasi lain adalah fagara, flower pepper, atau prickly ash. PENGGUNAAN buah andaliman Dalam masakan Batak, andaliman dihaluskan dan menjadi bagian dari sambal tinombur atau saus untuk menyedapkan arsik (ikan mas bumbu kuning) atau saksang (gulai babi).
Category: ,
Reaksi: 

1 komentar:

Obat Pelangsing mengatakan...

saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca tentang naniura sashimi dari negeribatak.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Poskan Komentar

TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA